Setelah 70 Tahun, AS Kembali Lakukan Eksekusi Mati Napi Perempuan

setelah-70-tahun-as-kembali-lakukan-eksekusi-mati-napi-perempuan Setelah 70 Tahun, AS Kembali Lakukan Eksekusi Mati Napi Perempuan. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Untuk pertama kalinya, pemerintah Amerika Serikat mengeksekusi terpidana kasus pembunuhan, Lisa Montgomery, dengan suntikan mematikan pada Rabu pagi (13/1). Ia menjadi perempuan pertama yang dieksekusi oleh otoritas federal sejak 1953.

Dilansir dari LKBN Antara, Montgomery (52 tahun) dijatuhi hukuman mati karena pada Desember 2004 mencekik Bobbie Jo Stinnett , yang saat itu sedang hamil delapan bulan dan kemudian ditemukan terbunuh di rumahnya di Missouri.

Ia didakwa melakukan pelanggaran federal atas penculikan yang mengakibatkan kematian. Juri memutuskan dia bersalah pada 2007, menolak klaim pembela bahwa dia mengalami delusi.

Hakim federal di beberapa pengadilan telah menunda eksekusi Montgomery untuk memungkinkan pemeriksaan apakah dia terlalu sakit jiwa untuk memahami hukumannya dan apakah pemerintah tidak memberikan pemberitahuan yang memadai tentang tanggal eksekusi berdasarkan undang-undang.

Tetapi sekitar tengah malam, mayoritas konservatif Mahkamah Agung AS dengan cepat menolak tantangan hukum terakhir, dan Montgomery dihukum mati sekitar 90 menit kemudian.


Editor: DARMO SURYO

Komentar