1 Orang Pendaki Kesurupan Usai Petik Tanaman Endemik Gunung Dempo

1-orang-pendaki-kesurupan-usai-petik-tanaman-endemik-gunung-dempo tanaman endemik Gunung Dempo, Kayu Panjang Umur yang dilindungi undang-undang. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Tak menghormati kearifan lokal di Gunung Dempo, sepuluh orang pendaki akhirnya harus menerima sanksi tak boleh mendaki Gunung Dempo selama tiga tahun. Mereka terbukti telah memetik tanaman endemik Kayu Panjang Umur yang dilindungi undang-undang.

"Ada 10 orang pendaki kedapatan memetik tanaman Kayu Panjang Umur saat, barang bukti ditemukan pada salah seorang pendaki yang kesurupan di jalur Pintu Rimba saat hendak ditolong" Ujar Ketua Balai Registrasi Gunung Dempo (Brigade), Andi dikutip dari LKBN Antara. Selasa (19/1/2021)

Ia mengatakan tim ranger bermaksud untuk menolong seorang pendaki yang kesurupan namun tim justru marah besar karena ada kantong kresek berisi tanaman Kayu Panjang Umur dalam jumlah banyak yang dibawa mereka. 

"Kesepuluh pemuda yang dilarang untuk mendaki Gunung Dempo  berinisial AR, VV, RL, KRD, FS, PSW, PY, DH dari Empat lawang serta AZ dari Lubuklinggau dan MF dari Palembang." Tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar