Terganjal BRPK, KPU Depok Tunda Penetapan Paslon Terpilih Pilkada

terganjal-brpk-kpu-depok-tunda-penetapan-paslon-terpilih-pilkada Terganjal BRPK, KPU Depok Tunda Penetapan Paslon terpilih pilkada. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Penetapan  pasangan calon terpilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok pada Pilkada Depok 2020 Mohammad Idris-Imam Budi Hartono terganjal  Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK). Tanpa Buku Tersebut KPU Depok tak memiliki dasar untuk menetapkan pasangan calon terpilih.

"Seharusnya dilakukan penetapan pada hari ini (Rabu, 20/1), tapi karena belum adanya BRPK maka ditunda," kata Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna dikutip dari LKBN Antara.  Rabu (20/1/2021)

Untuk itu kata Nana KPU Kota Depok telah memutuskan untuk menggeser waktu pelaksanaan penetapan paslon terpilih yang harusnya dilaksanakan Rabu (20/1) ke waktu yang belum dapat dipastikan.

Keputusan penggeseran penetapan diambil di menit-menit terakhir dengan pertimbangan yang matang. Sebab hingga saat ini, KPU belum menerima Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai prasyarat agar kegiatan penetapan paslon terpilih dapat dimulai.

"Ada mekanisme internal yang harus dilaksanakan oleh KPU, yaitu mengeluarkan semacam surat perintah kepada KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota agar melaksanakan pleno penetapan. Nah, ini yang belum kami terima. Sebab MK juga belum membalas surat KPU RI terkait BRPK," Tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar