Bunga Rafflesia Tuan-Mudae Mekar Sempurna di CA Maninjau Sumbar

bunga-rafflesia-tuan-mudae-mekar-sempurna-di-ca-maninjau-sumbar Bunga Rafflesia Tuan-Mudae Mekar Sempurna di CA Maninjau Sumbar. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Mendekati puncak musim penghujan di bulan Januari - Februari, satu individu bunga langka dan dilindungi dari jenis Rafflesia tuan-mudae berhasil mekar sempurna di dalam kawasan hutan Cagar Alam (CA) Maninjau Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam Agam, Ade Putra mengatakan dari identifikasi petugas KSDA Agam diketahui bunga tersebut berukuran diameter 87,7 centimeter dan berkelamin jantan.

"Bunga itu ditemukan mekar ketika petugas KSDA melakukan pendampingan terhadap enam mahasiswa Universitas Negeri Padang sedang melakukan penelitian dan magang di Resor KSDA Agam," ujar Ade Putra dikutip dari LKBN Antara. Kamis (21/1/2021)

Ia mengatakan, bunga ini hanya mekar dalam jangka waktu 7-10 hari, setelah itu akan layu dan membusuk. Di lokasi itu juga pernah mekar bunga tersebut dengan diameter mencapai 111 centimeter pada 1 Januari 2020.

"Ini merupakan bunga Rafflesia terbesar di dunia yang pernah tercatat dan terdokumentasikan," Tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar