Salah Gunakan Visa Kunjungan, Imigrasi Bali Deportasi WN Rusia

salah-gunakan-visa-kunjungan-imigrasi-bali-deportasi-wn-rusia Salah Gunakan Visa Kunjungan, Imigrasi Bali Deportasi WN Rusia. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Terbukti melanggar keimigrasian, seorang Warga negara asing (WNA) asal Rusia bernama Sergei Kosenko mendapat tindakan keimigrasian berupa deportasi. Kosenko diketahui telah menyalahgunakan visa kunjungan untuk kepentingan berbisnis di Bali.

"Dia di sini punya bisnis properti tapi masih harus didalami lagi seperti apa karena prosedurnya harus jelas. Yang bersangkutan dalam hal ini tidak memiliki izin tinggal yang sesuai tapi menggunakan visa kunjungan. Sehingga harus dilakukan tindakan keimigrasian berupa deportasi," Ujar Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM Bali Jamaruli Manihuruk dikutip dari LKBN Antara. Minggu (24/1/2021)

Ia mengatakan bahwa Sergei Kosenko telah melakukan kegiatan-kegiatan seperti menjadi seorang duta yang mewakili kegiatan dari perusahaan tertentu, mengundang investor, dan menjadi seorang marketing dengan mempromosikan produk sebuah perusahaan tertentu.

Namun, dalam hal ini kegiatannya tidak sesuai dengan persetujuan telex visa B211B dibawah seorang penjamin dari sebuah PT. Menurut dia, patut diduga Sergei Kosenko telah melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 122 huruf a jo. Pasal 123 huruf b Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

 "Dia ini juga mengundang teman-temannya bergabung di usahanya. Kami dapat itu bisnis properti tapi harus didalami lagi. Kalau dikatakan sebagai investor masih belum karena izin tinggalnya untuk investor butuh KITAS. Dia dideportasi sekarang, harusnya sudah selesai dan investasinya dia mungkin diberikan ke orang lain," Tandasnya.


Editor: DARMO SURYO

Komentar