BMKG Pastikan Suara Dentuman di Bali Bukan Karena Gempa Bumi

bmkg-pastikan-suara-dentuman-di-bali-bukan-karena-gempa-bumi BMKG Pastikan Suara Dentuman di Bali Bukan Karena Gempa Bumi. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih menyelidiki Suara dentuman di wilayah Buleleng Bali terekam sensor BMKG. Namun sejauh ini suara dentuman tersebut bukanlah aktivitas gempa bumi.

"Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya anomali sinyal seismik yang tercatat pada sensor seismik Singaraja (SRBI) pada pukul 10.27 WITA," kata Koordinator bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dikutip dari LKBN Antara. Minggu (24/1/2021)

Ia menjelaskan, sensor BMKG merekam sinyal seismik tersebut dalam durasi sekitar 20 detik. Melihat anatomi seismogramnya tampak bahwa sinyal seismik tersebut bukanlah merupakan sinyal gempa bumi tektonik, ujar dia.

"Jika sinyal seismik tersebut kita coba tentukan magnitudonya menggunakan formulasi penentuan mangnitudo gelombang gempa akan dihasilkan kekuatan 1,1 magnitudo lokal," tegasnya.

Ia mengatakan, bahwa sejak pukul 08.00 hingga 12.00 WITA tidak ada aktivitas gempa di wilayah Bali. "Sehingga dipastikan anomali gelombang seismik tersebut bukan aktivitas gempa tektonik." Tandasnya.


Editor: DARMO SURYO

Komentar