Soal Investasi 2021, Jokowi Ingin Capai Rp 900 Triliun

soal-investasi-2021-jokowi-ingin-capai-rp-900-triliun Tahun ini, Jokowi ingin investasi capai Rp 900 triliun.. (net)

PINDAINEWS -- Sebagai sebuah unsur penting dalam menggerakkan dan menggeliatkan ekonomi, investasi punya peran besar. Karenanya, pada tahun ini, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, menargetkan investasi kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bernilai Rp 900 triliun.

"Target investasi 2021 yang ditetapkan Bappenas (Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional) bernilai Rp 856 triliun. Tapi dalam beberapa kesempatan, Bapak Presiden memerintahkan kami, bahwa investasi harus mencapai Rp 900 triliun," tandas Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, seperti diwartakan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Senin (25/1/2021).

Bahlil menjelaskan, apa yang diminta Jokowi sapaan akrabn Presiden RI ke-7, nilai investasi itu melebihi target realisasi investasi 2020 yang nominalnya Rp 817,2 triliun, yang sejatinya, mengalami perevisian akibat wabah Covid-19, yakni semula Rp 886 triliun.

Bahlil berpandangan, ada beberapa hal yang menjadi dasar Jokowi mencanangkan target investasi bernilai Rp 900 triliun itu. Ada sejumlah faktor, tuturnya, yang bisa meningkatkan kepercayaan publik tahun ini kepada Indonesia, sebagai tujuan investasi.

Di antaranya, jelas Bahlil, kehadiran rancangan peraturan turunan Undang Undnag (UU) Cipta Kerja segera tuntas pada Februari 2020. Lalu, sambungnya, adanya program vaksinasi Covid-19. 

Demi tercapainya target  yang diinginkan Jokowi, Bahlil mengungkapkan, pihaknya menyiapkan beberapa kiat. Satu di antaranya, aktif berkomunikasi dengan para investor. "Kami membentuk tim, agar terus aktif berkomunikasi dengan para investor," pungkas Bahlil.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar