Kata Apindo: Ada Dua Hal Jadi Penggerak Investasi

kata-apindo-ada-dua-hal-jadi-penggerak-investasi Apindo menilai UU Cipta Kerja bisa jadi penggerak investasi 2021.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Secara mengejutkan, realisasi investasi tahun lalu melebihi target yang ditetapkan pemerintah, yaitu Rp 826 triliun. Berkenaan dengan hal itu, kalangan pelaku usaha yang tergabung dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai ada dua faktor yang bisa menjadi penggerak investasi di tanah air pada 2021.

"Dua hal itu yakni Undang Undang UU Cipta Kerja dan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA)," tandas Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Apindo, Hariyadi Sukamdani, seperti diwartakan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Selasa (26/1/2021).

Dalam webinar bertajuk "Akselerasi Pemulihan Ekonomi: Kebangkitan Investasi dan Perdagangan" Hariyadi mengatakan, ada optimisme kalangan pengusaha atas pencapaian realisasi investasi 2020 meski pada masa pandemi Covid-19.

Meski demikian, Hariyadi menilai, kondisi pada 2021 pun perkiraannya, tantangannya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Agar bisa pemulihan ekonomi bergulir secara maksimal, ucap dia, butuh upaya-upaya mengendalikan pandemi.

Awal upaya-upaya itu, jelasnya, pemerintah menetapkan peraturan turunan UU Cipta Kerja, yang terdiri atas 4 Peraturan Presiden (perpres) dan 40 Peraturan Pemerintah (PP). Lalu, lanjut dia, ada penambahan perincian pada sektor Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang membuat jumlah PP menjadi 48 PP.

Soal INA, Hariyadi berharap, lembaga ini mampu menarik para Investor Sovereign Wealth Fund (SWF) untuk berinvestasi di Indonesia. Hal itu seiring dengan target yang diinginka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yaitu agar LPI mampu menghimpun dana awal sebesar 20 miliar dolar AS.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar