Ini Jurus DPRD Jabar Majukan Petani Kopi Lokal di Jabar

ini-jurus-dprd-jabar-majukan-petani-kopi-lokal-di-jabar Ini Jurus DPRD Jabar Majukan Petani Kopi Lokal di Jabar. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Serap aspirasi Para petani kopi yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan Giri Senang Desa Giri Mekar Kec. Cilengkrang Kab. Bandung, Komisi II DPRD Jabar siap kawal keinginan dari para petani kopi.

Anggota Komisi II DPRD Jabar Asep Suherman mengatakan,  Kopi saat ini menjadi salah satu komoditas unggulan Jawa Barat. Namun sayangnya pemasaran hasil produk kopi lokal masih jadi kendala.

"Jadi nanti DPRD Jabar dan Pemerintah akan ikut membantu memasarkan kopi seperti halnya dibuatkan regulasi atau Perda itu. Jadi kalua sudah ada Perdanya nanti, makan dan minum atau rapat-rapat dinas diwajibkan harus ada Kopi asli dari Jabar Ini penting agar kepekaan kita terhadap produk lokal ini dicontohkan oleh pemerintah”, ujar Asep.

Hal senada juga diungkapkan oleh anggota Komisi II DPRD Jabar Sari Sundari yang akan mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membuat sebuah kebijakan agar hasil kopi lokal bisa dipasarkan minimal diseluruh Jawa Barat.

Menurutnya, berdasarkan pengakuan para petani kopi, salah satu kendala adalah ketika pasca panen. Hasilnya sudah diambil oleh tengkulak dan Ijon. Sedangkan disatu sisi para petani kopi butuh kepastian dan biaya operasional.

’’Jadi alangkah baiknya jika pemerintah ikut membuat kebijakan, untuk memberikan perlindungan kepada para petani Kopi. Selain itu, kebiasaan minum kopi harus terus digalakkan. Khususnya di instansi pemerintahan jika menyambut para tamu." Tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar