Jika Terpaksa Terobos Hujan, Para Pemotor Lakukan Hal Ini

jika-terpaksa-terobos-hujan-para-pemotor-lakukan-hal-ini Para pemotor terobos hujan dan banjir.. (net)

PINDAINEWS -- Sebaiknya, para pengendara, khususnya, sepeda motor, memiliki trik khusus apabila terpaksa menerobos hujan deras dan banjir saat berkendara.

Tentu saja, para pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati saat melintasi jalan dalam kondisi hujan demi menghindari beragam bahaya. Misalnya, tergelincir, masuk lubang, dan lainnya.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara,  Antonius Widiantoro, Manager Public Relations Yamaha Riding Academy (YRA) Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengiyakan, bahwa pada pemotor wajib menjalankan safety riding untuk menjaga keselamatannya dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara pada musim hujan.

Lalu, agar para pengendara sepeda motor bisa memiminalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan ketika berkendara saat hujan deras dan banjir, tentunya, ada jurus-jurusnya. Apa saja?

1. Jaga jarak aman

Antonius menjelaskan, menjaga jarak adalah rumus wajib berkendara, baik  dalam cuaca kering maupun basah. Jurus ini berlaku bagi pengedara sepeda motor dan pengemudi mobil.

Itu karena, jelasnya, jarak pengereman antara kendaraan dan daya cengkeram rem berkurang akibat basah dan licinnya kondisi jalan. 

2. Atur Penggunaan Rem

Jurus berikutnya yaitu mengatur pengereman. Antonius menyerukan supaya para pengendara sepeda motor melakukan pengereman secara halus dan perlahan. Penyebabnya, saat kondisi hujan, traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan basah menjadi berkurang.

Para pengendara pun, lanjut dia, perlu memeriksa komponen rem dan menggantinya jika sudah tidak layak.

3. Perlengkapan

"Jangan sepelekan perlengkapan berkendara, misalnya jas hujan, helm,  sepatu, dan lainnya. Perlengakapan itu berfungsi melindungi setiap pengendara dari potensi kecelakaan saat hujan," seru Antonius.

Khusus jas hujan, Antonius mengatakan, sebaiknya tidak menggunakan jas hujan model ponco. Penggunaan jas hujan model itu berisiko tersangkut roda. Pilihlah, saran dia, jas hujan dan helm berwarna cerah agar terlihat oleh pengendara lain.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar