Australia Bersikukuh Terapkan Aturan Baru Untuk Facebook

australia-bersikukuh-terapkan-aturan-baru-untuk-facebook Australia Bersikukuh Terapkan Aturan Baru Untuk Facebook. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Meski Facebook mulai memblokir sejumlah tayangan news, namun sejumlah negara seperti Australia tetap tidak akan mengubah rancangan undang-undang soal konten, yang mengharuskan platform membayar ke penerbit.

"Rancangan undang-undang tetap seperti itu untuk memberi keseimbangan," ujar Menteri Keuangan Australia, Simon Birmingham dikutip dari LKBN Antara. Senin (22/1/2021)

Australia sedang merancang undang-undang yang akan mewajibkan platform media sosial membayar kepada penerbit berita untuk artikel yang dimuat di platform tersebut.

Pemerintah Australia meyakini aturan tersebut akan memberikan keadilan bagi organisasi pemberitaan. Pekan lalu, undang-undang soal konten ini lolos dari majelis rendah dan mendapat dukungan mayoritas di Senat.

"Berdasarkan undang-undang tersebut, pemerintah akan bisa menunjuk wasit untuk menentukan harga jika platform dan penerbit tidak bisa menemukan kesepakatan." Tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar