30 Ribu Peretes Akhirnya Berhasil Jebol Pertahanan Mac

30-ribu-peretes-akhirnya-berhasil-jebol-pertahanan-mac 30 Ribu Peretes Akhirnya Berhasil Jebol Pertahanan Mac. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Setelah sekian lama mengaku memiliki pertahanan yang kuat akan malware, namun akhirnya Mac harus mengakui juga jika pertahanannya bisa disusupi oleh para peretas.

Dilansir dari LKBN Antara, peneliti keamanan di Malwarebytes dan Red Canary, menemukan malwaremisterius yang bersembunyi di hampir 30.000 Mac, salah satunya dirancang untuk mengirimkan muatan yang belum diketahui, dan dengan mekanisme penghancuran diri yang kemungkinan akan dapat menghapus jejak. Mereka menyebut malware tersebut Silver Sparrow.

Red Canary menjelaskan lebih detail, termasuk bagaimana mereka menemukan versi yang menargetkan tidak hanya Intel, tetapi juga Mac yang lebih baru yang dibekali chip M1 milik Apple -- yang merupakan hal yang cukup mengejutkan, mengingat perangkat dengan M1 Apple masih sangat baru dan kerentanan masih sangat sedikit untuk ditemukan.

Pekan lalu, peneliti keamanan Objective-See, Patrick Wardle, menerbitkan laporkan tentang ditemukannya malware pertama yang menargetkan chipset Apple Silicon, dan laporan ini menambah daftar yang sudah ada sebelumnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar