Kota Bandung Masih Berharap Bisa Capai Nol Sampah

kota-bandung-masih-berharap-bisa-capai-nol-sampah Bandung Masih Berharap Bisa Capai Nol Sampah. (Trie Widiyantie/PindaiNews)

PINDAINEWS, Bandung -- Pemeritah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan Bandung menjadi kota nol sampah. Hal itu diungkapkan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pada acara 'Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional' Secara Virtual dan  Launching Nabung Sampah Jadi Emas di TPS 3R Babakan Sari (Kebaktian) Kiara Condong, Senin (22/2). 

"Begini saya sebagai Wali Kota dalam sambutan tadi, dengan adanya target Bandung nol sampah yaitu dimana pada  Februari 2005 tentang Bandung jadi lautan sampah. Maka saya berharap suatu saat nanti di Kota Bandung sampah itu bisa zero waste, karena ditangani dan dikelola oleh warga masyarakat bersama Pemkot Bandung," tuturnya. 

Terlebih, terangnya, dengan dianugerahinya Kota Bandung lewat perhargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup yaitu kinerja pengurangan sampah, menjadi salah satu semangat lebih dalam upaya Bandung Nol Sampah. 

"Salah satu upaya diantaranya kami mencanangkan program nabung sampah menjadi emas dan gerakan Satgas Kang Pisman. Alhamdulillah saya berharap mudah-mudahan dengan inovasi dari nabung sampah menjadi emas akan menjadi sebuah spirit dan semangat untuk masyarakat. Dengan begitu, warga lebih bersemangat dalam memisahkan sampah karena akan menjadi emas," tuturnya. 

Oded juga menjelaskan, volume sampah perhari di Kota Bandung masih sekitar 1.500 ton/hari. Diyakininya, saat ini mulai banyak warga sudah bergerak dengan konsep Kang Pisman baik dengan turunannya seperti buruan sae. 

"Insyallah sudah banyak bergerak, Insya Allah kalau sudah tingkat RW tidak buang sampah ke TPS,  insyallah sampah akan terus berkurang," tambahnya lagi. 

Untuk itu, hadirnya Satgas Kang dapat membantu guna menekan angka sampah di Kota Bandung.  

"Pertama Pemeritah punya kewajiban yaitu sosialisasi edukasi kepada masyarakat, tidak boleh berhenti agar tetap melek sama Kang Pisman. Dan  Satgas ini tugasnya adalah bagaimana melihat perkembangan atau progres dilapangan harus termonitor.  Terakhir harus mampu betul menjadikan Kota Bandung zero waste," tandasnya. 

Editor: DARMO SURYO

Komentar