Lestarikan Tanaman Bambu, YBL Libatkan 196 Perempuan di Pulau Flores

lestarikan-tanaman-bambu-ybl-libatkan-196-perempuan-di-pulau-flores Lestarikan Tanaman Bambu, YBL Libatkan 196 Perempuan di Pulau Flores. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Sebagai salah satu upaya menghijaukan Pulau Flores, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur didukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Yayasan Bambu Lestari (YBL) tanam ribuan bibit bambu.

Manager Program YBL Wiwin Windrati, mengatakan dalam kegiatan pelestarian ini dilibatkan juga 196 perempuan yang dipusatkan pada 24 desa di Pulau Flores yakni 5 desa di Kabupaten Manggarai Barat dan 19 desa di Kabupaten Ngada.

"Dari kegiatan yang melibatkan 196 perempuan ini telah menghasilkan 126.449 bibit bambu per Februari 2021," ujar Wiwin Windrati dikutip dari LKBN Antara. Senin (22/2/2021)

Ratusan ribu bibit bambu yang dihasilkan ini nantinya akan ditanam pada sejumlah lahan kritis yang tersebar di Pulau Flores.

Wiwin menjelaskan bambu merupakan tanaman ideal untuk memperbaiki kualitas lahan. Selain mampu tumbuh di lahan rusak dan permukaan yang curam, bambu juga mampu memperbaiki kesuburan tanah dan meningkatkan jumlah cadangan air tanah.

"Selain untuk merehabilitasi lahan kritis dan meningkatkan fungsi lingkungan, kata dia, program ini juga bertujuan mendorong pemberdayaan perempuan penggerak PKK serta meningkatkan ekonomi mereka melalui skema industri kehutanan bambu yang berkelanjutan" tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar