Cairkan Kocek Rp 35 Triliun, Goodyear Akuisi Cooper

cairkan-kocek-rp-35-triliun-goodyear-akuisi-cooper Goodyerar akuisis Cooper Tire & Rubber.. (net)

PINDAINEWS -- Dalam dunia bisnis dan industri, akuisisi merupakan sebuah agenda yang kerap terjadi. Hal itu sebagai upaya untuk menyelamatkan sekaligus meningkatkan performa sebuah korporasi.

Diwartakan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, industri ban raksasa ternama, Goodyear Tire & Rubber Company, melakukan langkah mengejutkan, yakni mengakuisisi kompetitornya yang juga asal Amerika Serikat (AS) dan memiliki 10.000 karyawan serta beroperasi di 15 negara, Cooper Tire & Rubber Company.

Tentunya, untuk mengakuisisi Cooper Tire & Rubber Company, Goodyear Tire & Rubber Company menggelontorkan dana bernilai fantastis. Kabarnya, dalam transaksi akuisisi itu, Goodyear Tire & Rubber Company menggelontorkan koncek bernilai 2,5 miliar dolar atau sekitar Rp 35,3 triliun.

Seiring dengan akuisisi itu, Goodyear Tire & Rubber Company menguasai 84 persen saham perusahaan gabungan itu. Sisanya, yakni 16 persen, menjadi milik Cooper Tire & Rubber Company.

Akuisisi itu pun menjadikan Goodyera Tire & Rubber Company sebagai  produsen ban yang punya nilai penjualan melebihi 17,5 miliar dolar AS atau setara Rp 247,1 triliun per tahun.

Selain itu, akuisisi itu pun memperluas penawaran produk Goodyear Tire & Rubber Company karena menggabungkan dua brand yang saling melengkapi. Tidak itu saja, akusisi itu pun menciptakan manufaktur berbasis di AS yang lebih kuat.

Berdasarkan ketentuan transaksi, pemilik saham Cooper Tire & Rubber Company menerima 41,75 dolar per saham tunai dan rasio pertukaran tetap 0,907 saham biasa Goodyear Tire & Rubber Company per saham Cooper untuk total nilai ekuitas sekitar 2,8 miliar dolar AS.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar