Lantik AJV Pengda Jabar, Ini Harapan Ketua Umum AJV Pusat

lantik-ajv-pengda-jabar-ini-harapan-ketua-umum-ajv-pusat Lantik AJV Pengda Jabar, Ini Harapan Ketua Umum AJV Pusat. (Istimewa)

PINDAINEWS.-- Harus diakui jika saat ini masyarakat banyak sekali mengalami disrupsi informasi. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya berita hoaks dan prank yang beredar luas utama dalam dunia medsos.

Namun tidak jarang juga, berita atau informasi bohong dan "asal viral" muncul juga dalam media arus utama.

Atas dasar itulah Aliansi Jurnalis Video (AJV) hadir dengan semangat dan komitmen untuk memerangi ragam hoaks dan konten prank dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang etika jurnalistik.

“Bersama-sama kita di AJV akan menyebarkan informasi menarik dan faktual. Tentu hal ini akan membantu peran pemerintah dalam memerangi hoaks ataupun fraud,” ujar Ketua Umum Pusat AJV, Saeful Rohman Albanjari usai menghadiri pengukuhan pengurus AJV daerah Jawa Barat periode 2021-2024 di hotel Preanger, Bandung, pada Rabu (24/2/2021).

Ia menjelaskan, AJV lahir pada 2 Februari 2020 dan sejak awal berkomitmen dan menjadikan para kontributor untuk mampu menghasilkan konten video yang memiliki unsur jurnalistik. Konten video seperti ini sudah jarang ditemukan pada video-video yang tersebar di dunia maya.

“Kami akan melatih para anggota di AJV ini agar paham dan mengetahui standar minimum etika dalam video agar masyarakat teredukasi,”ujarnya.

AJV, ungkapnya, akan membantu mendorong lembaga-lembaga penyiaran agar memiliki minimal satu program yang menayangkan ragam budaya daerah. Hal ini bertujuan untuk melindungi nilai-nilai budaya lokal.

" kedepan AJV akan mengajak KPI Daerah untuk berdiskusi dengan DPRD ataupun masyarakat kampus akan hal ini. Maka dari itu perda tentang penyiaran nampaknya akan dibutuhkan guna menguatkan konten lokal,” tegasnya.

Dalam acara itu, hadir juga Wakil Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari. Menurutnya, apa yang AJV lakukukan merupakan hal yang luar biasa.

"Memerangi hoaks dan konten prank sebetulnya sudah dilakukan oleh Pemprov, KPID, Pangdam, tapi kami masih butuh sekali bantuan dari rekan-rekan di AJV." Ujarnya.

"Saya berharap, semoga visi-misi AJV ini bisa terealisasikan dan bersama membantu pemerintah memerangi hoaks dan prank,”tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar