Besok, Ganjar Lantik Putera Jokowi Jadi Wali Kota Solo

besok-ganjar-lantik-putera-jokowi-jadi-wali-kota-solo Besok, Gibran Rakabuming Raka resmi pimpin Kota Solo.. (net)

PINDAINEWS -- Agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 d Jawa Tengah (Jateng) yang bergulir serentak, memasuki episode baru, yaitu pelantikan para pasangan bupati-wali kota terpilih, satu di antaranya, putera Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, yakni Gibran Rakabuming Raka, yang terpilih sebagai Wali Kota Solo.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pada Jumat (26/2/2021), melantik 21 kepala daerah terpilih, yang satu di antaranya, Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo, bersama Teguh Prakoso, yang berperan sebagai Wakil Wali Kota Solo.

Rencananya, pelantikan duet Gibran-Teguh berlangsung secara virtual di Graha Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta, mulai pukul 08.00 WIB.

"Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta menjadi satu tempat dengan Rapat Paripurna Terbuka Pidato Pertama Wali Kota Surakarta," tandas Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Surakarta, Ahyani, pada sela-sela gladi bersih Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2021-2026, di Graha Paripurna DPRD Kota Surakarta, Kamis (26/2/2021).

Semula, ungkap Ahyani, pelantikan itu berlangsung di Balai Tawangarum Balai Kota Surakarta. Namun, berdasarkan instruksi Ganjar Pranowo, pelantikan itu menjadi satu paket dengan rangkaian antara pelantikan dan Pidato Pertama Rapat Paripurna Terbuka di Graha Paripurna DPRD Surakarta.

Usai pelantikan, lanjut Ahyani, agenda  berlanjut pada pidato pertama Gibran dalam Rapat Paripurna Terbuka DPRD Kota Surakarta. Dalam acara pelantikan itu, pembatasan tamu undangan tetap berlaku karena mengacu pada protokol kesehatan, yakni 50 persen kapasitas Graha Paripurna DPRD Kota Surakarta.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar