Keren ! Ini Cara Pangdam XII Tanjungpura Tekan Kejadian karhutla

keren-ini-cara-pangdam-xii-tanjungpura-tekan-kejadian-karhutla Keren ! Ini Cara Pangdam XII Tanjungpura Tekan Kejadian karhutla. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah desa mandiri di Kalimantan Barat, Kodam XII Tanjungpura bentuk satgas karhutla yang ditempatkan disejumlah desa mandiri.

"Di desa-desa mandiri sudah kami bentuk satgas karhutla. Mereka akan membuat konsep perbaikan lingkungan dan mereka inilah sebagai tenaga pelopor dalam membuka lahan tidak dengan membakar," ujar Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dikutip dari LKBN Antara. Kamis (25/2/2021)

Menurut dia, indikator keberhasilan program di desa mandiri ini tentunya tidak lepas dari peran media dalam menyampaikan berita.

"Program di desa mandiri ini bisa berhasil tentunya tidak lepas dari peran media dalam menyampaikan berita, memberitakan baik dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa maupun petani yang sudah berhasil dalam membuka lahan tidak dengan membakar," ujarnya.

Ia mengatakan, pembentukan satgas karhutla di desa mandiri tersebut merupakan program yang dilaksanakan dengan cara preventif atau mencegah terlebih dahulu.

"Untuk represif atau memperbaiki kami bersama dengan kepolisian dan pemprov mendirikan posko aju di tempat-tempat diduga terjadinya titik api," tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar