Lolos Verifikasi, 36 Lansia di Kota Bandung Jalani Vaksinasi Covid 19

lolos-verifikasi-36-lansia-di-kota-bandung-jalani-vaksinasi-covid-19 Lolos Verifikasi, 36 Lansia di Kota Bandung Jalani Vaksinasi Covid 19. (Trie Widiyantie/PindaiNews)

PINDAINEWS, Bandung -- Vaknisnasi tahap II digelar hari ini, Jumat (26/2) di Kota Bandung dan para lansia (Lanjut Usia) perdana menerima vaksin Covid-19 Sinovac. Proses Vaksinasi tersebut dilaksanakan di 184 fasilitas kesehatan. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kota Bandung, Rosye Arosdiani mengatakan sebanyak 36 lansia yang lolos verifikasi mengikuti vaksinasi di RS AL Islam Kota Bandung. 

‎"Hari ini adalah pelaksanaan perdana untuk vaksinasi di Kota Bandung, salah satunya di RS Al Islam, sampai saat ini baru ada 36 lansia yang terverivikasi," kata Rosye di RS Al Islam Kota Bandung, Jumat (26/2).

Rosye menuturkan, Dinkes Kota Bandung menyediakan 184 Fasilitas Kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasai tahap II. Menurutnya, fasilitas tersebut tersebar di seluruh Kota Bandung. 

"Tapi untuk lansia itu memang tidak bisa di mana saja, tentunya kami harus memastikan fasilitas yang aman untuk gawat darurat," jelasnya.

Ia juga menyampaikan, karena masih proses verifikasi data,  vaksinasi pada hari pertama ini belum dapat dilaksanakan di seluruh faskes. Pasalnya, masih ada sejumlah faskes yang masih melakukan tahap verifikasi data.

"Ada beberapa fasilitas lain yang sudah mulai, ada juga yang masih melakukan verifikasi data, saya sendiri belum bisa memastikan di RS mana saja, tapi vaksin sudah terdistribusi," bebernya.‎

Untuk itu, agar proses pendataan lancar, khusus para lansia yang ingin mendaftar vaksinasi harus mamastikan semua data dapat diverifikasi. Pasalnya, verifikator akan melakukan proses verifikasi via phone untuk memastikan kesiapan peserta vaksin.

"Masyarakat harus memastikaan nomor ponselnya aktif, kemudiaan RS AL Islam melakukan screening by phone dulu untuk memastikan apakah memungkinkan atau tidak, dan harus jujur menyampaikan kondisnya," tandasnya.


Editor: DARMO SURYO

Komentar