Tangkal Covid-19, Pemkot Bandung Lakukan Ini Terhadap PKL

tangkal-covid-19-pemkot-bandung-lakukan-ini-terhadap-pkl Pemkot Bandung kaji penataan PKL.. (antaranews.com)

PINDAINEWS, Bandung -- Pemerintah, mulai pusat sampai kota-kabupaten, secara spartan, terus menggalakan agenda untuk mencegah dan memerangi penyebaran Covid-19. Begitu juga dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara mengabarkan, satu di antara berbagai program Pemkot Bandung tentang upaya pencegahan Covid-19 yakni berkaitan dengan kalanagn Pedagang Kaki Lima (PKL). Saat ini, Pemkot Bandung mengkaji penataan para PKL.

"Penataan ini sebagai upaya mencegah terjadinya kerumunan sebagai bagian upaya mencegah penyebaran Covid-19," tandas Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Jumat (26/2/2021).

Mantan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estat Indonesia (REI) Jabar ini meneruskan,  rencan penataan itu antara lain bagi para PKL di kawasan Tegallega, Kota Bandung. Jalan Otto Iskandardinata, dan Jalan Mohamad Toha.

Karenanya, Yana meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan mengawasi dan bertindak sesuai aturan.

"Coba nanti kaji lagi oleh temen-temen OPD (Organisasi Perangkat Daerah) soal regulasinya seperti apa di Tegalega. Perkuat oleh Perwal (Peraturan Wali Kota), Perda (Peraturan Daerah), dan Instruksi Mendagri, yakni tutup fasilitas umum yang menimbulkan potensi kerumunan," papar Yana.

Sebagai Ketua Satgasus PKL Kota Bandung, penyandang sabuk hitam Taekwondo DAN III Kukkiwon ini berharap penataan terfokus dan mengakomodir berbagai kepentingan.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Bandung, Asep S Gufron, menambahkan, penataan PKL perlu komitmen kuat OPD lainnya. Selain itu, sambung dia, pengawasannya pun harus konsisten. 


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar