PAL-V Liberty, Mobil Terbang Pertama Bersertifikat Dunia

pal-v-liberty-mobil-terbang-pertama-bersertifikat-dunia PAL-V Liberty, mobil terbang pertama bersertifikat internasional.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Seiring dengan perkembangan teknologi, industri otomotif dunia pun mengalaminya. Bukti terkini berkenaan tentang perkembangan teknologi dunia otomotif yakni hadirnya flying car (mobil terbang) pertama produk Belanda yang berlisensi dan bersertifikasi operasional jalan raya Eropa, European Union Aviation Safety Agency (EASA), PAL-V Liberty.

Diwartakan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, PAL-V menjadi korporasi commercial flying car pertama yang memiliki sertifikasi EASA. PAL-V mengantungi sertifikasi EASA itu setelah PAL-V Liberty, mobil terbang mungil roda tiga, menjalani beragam pengujian selama satu dekade. 

"Menghadirkan flying car pada pasar komersial itu bukan perkara mudah. Itu hal sulit. Butuh waktu sektiar 10 tahun untuk merealisasikannyaā€¯, tandas Robert Dingemanse, CEO PAL-V. 

Pada 2009, PAL-V mengajukan sertifikasi spesifikasi Helikopter Kecil CS-27 kepada EASA, yang menjadi titik awal seluruh model yang mereka sertifikasi. Agar memenuhi sertifikasi EASA, PAL-V Liberty harus memenuhi 1.500 kriteria lebih. 

Sertifikat EASA berlaku di Eropa dan diterima oleh 80 persen pasar dunia, termasuk Amerika Serikat (AS) dan China. Ini berarti, PAL-V Liberty bisa hadir di AS dan China.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar