Ini Akibat Terpaan Cuaca Ekstrim di Beberapa Daerah

ini-akibat-terpaan-cuaca-ekstrim-di-beberapa-daerah Sebuah rumah rusak akibat terpaan angin kencang.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Dalam beberapa hari terakhir, beberapa daerah di Indonesia, di antaranya, Banten dan Jawa Timur (Jatim), dilanda cuaca ekstrim. Akibatnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, angin kencang melanda beberapa wilayah Banten, di antaranya, Desa Banyu Biru, Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang. Akibatnya, di daerah itu, puluhan rumah warga rusak.

Meski demikian, berdasarkan informasi, beruntung, dalam musibah itu, tidak terdapat korban jiwa. 

Di Jatim, yakni Surabaya, hujan deras berintensitas tinggi yang disertai angin kencang, juga berakibat cukup fatal. Sejumlah pohon di kawasan Wonosari Besar dan Bandarejo Surabaya, pada Minggu (28/2/2021) tumbang.

Sedangkan di Lumajang, belasa rumah di Dusun Kokon, Desa Sawaran Kulon, Kabupaten Lumajang, tertimbun longsor, pada Minggu (28/2/2021) dinihari. Seperti halnya di Pandeglang, dalam musibah longsor ini, tidak ada korban jiwa. Akan tetapi, puluhan hewan ternak mati tertimbun.

Seorang perangkat Desa Sawaran Kulon, Yanto, di Kantor Balai Desa Sawaran Kulon, Kabupaten Lumajang, mengungkapkan, longsor itu menyebabkan 13 rumah tertimbun longsoran perbukitan. puluhan hewan ternak tertimbun.

Melihat kondisi itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang memberikan bantuan kepada masyarakat yang rumahnya tertimbun longsor.

Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Joko Sambang, menegaskan, pihaknya mendistribusikan bantuan kepada 13 kepala keluarga yang terdampak longsor tersebut.

Bantuan itu, jelasnya, berupa puluhan paket makanan siap saji, puluhan paket tambahan gizi, puluhan helai selimut, matras, belasan paket sandang dan peralatan dapur, dan lainnya.

Longsor pun terjadi pada jalan nasional, yakni jalur Piket Nol, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, yang merupakan akses penghubung dua kabupaten, Lumajang dan Malang.

Sebagai upaya normalisasi, petugas, yang mengerahkan alat berat, berusaha keras membersihkan material longsor. Demi keamanan, untuk sementara, jalur itu mengalami penutupan.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar