Dukung Pariwisata, Kawisata Siap Bangun Pojok UMKM dan Historical

dukung-pariwisata-kawisata-siap-bangun-pojok-umkm-dan-historical PT Kawisata bersepakat dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.. (Adriansyah/PINDAINEWS)

PINDAINEWS, Bandung -- Sebagai korporasi yang bernaung di bawah lembaga berlabel Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), PT Kereta Api Wisata (Kawisata) berkepentingan untuk turut berperan aktif menggerakkan roda ekonomi nasional, khususnya, pada sektor kepariwisataan.

Hingga kini, PT Kawisata menggulirkan berbagai agenda dan program untuk lebih menggairahkan kepariwisataan yang memang cukup terhantam wabah Covid-19. Satu caranya, melalui kerjasama dengan pemerintah.

Yang terbaru, hari ini, secara resmi, PT Kawisata menjalin kerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung. Resminya sinergi itu melalui penandatanganan nota kesepahaman yang ditandatangani Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari, dan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Kawisata, Hendy Helmy, di Hotel Homann Bidakara.

Usai penandatanganan, Hendy mengemukakan, kolaborasi bersama Disbudpar Kota Bandung merupakan project perdana jajarannya dengan pemerintah daerah. "Tentunya, kami pun siap bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah daerah lainnya," tandas Hendy, Kamis (1/4/2021).

Dia berpandangan, kolaborasi ini menjadi landasan jajarannya untuk bersinergi dan bermitra demi menghasilkan manfaat dan pelayanan berkualitas berkenaan agar lebih menggairahkan sektor kepariwisataan, termasuk ekonomi kreatif.

Ada beberapa hal, ungkapnya, yang bisa pihaknya rencanakan dalam kerja sama dengan Disbudpar Kota Bandung ini. Di antaranya, sebut dia, memaksimalkan keberadaan fasilitas-fasilitas milik PT KAI (Persero), misalnya, stasiun-stasiun bersejarah, sebagai destinasi wisata.

Pasalnya, jelas dia, banyak fasilitas PT KAI (Persero) yang bernilai sejarah. Dasar itu, terangnya, yang membuat pihaknya berencana membangun Pojok Historical

Lalu, sambungnya, pihaknya pun berkeinginan untuk lebih menghidupkan para pelaku Usaha Mikro-Kecil-Menengah (UMKM), khususnya, di Kota Bandung. Itu karena, jelasnya, UMKM merupakan pilar penting perekonomian. 

Terlebih, sambung dia, banyak pelaku UMKM, termasuk ekonomi kreatif, yang menggeluti sektor kepariwisataan. "Karena itu, rencana kami berikutnya yaitu membangun Pojok UMKM," beber dia.

Selain itu, imbuhnya, pihaknya pun berwacana membangun Tourism Information. Memang, kata dia, selama ini, informasi tentang kepariwisataan, khususnya, Kota Bandung, terus bergulir. Namun, sambung dia, alangkah luar biasanya, apabila informasi kepariwisataan itu terkelola secara lebih maksimal melalui Pusat Informasi Kepariwisataan.

Bahkan, ucap dia, tidak tertutup kemungkinan, pihaknya pun mengembangkan kerjasama dengan korporasi lainnya, khususnya, yang berkaitan dengan moda transportasi. Misalnya, sebut dia, dengan PT Angkasa Pura (Persero), dan lainnya.

BACA JUGA : 


Dongkrak Pariwisata, Kota Bandung Siapkan Sejumlah Trik

BACA JUGA : 


Jurus Kembangkan Pariwisata Ala PT KAI


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar