93 Napi Lapas Tasikmalaya Terinfeksi COVID-19, 310 Napi Lain Terancam

93-napi-lapas-tasikmalaya-terinfeksi-covid-19-310-napi-lain-terancam Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tasikmalaya.. (net)

PINDAINEWS--Pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tasikmalaya, Jawa Barat, dibuat repot dengan 93 narapidana warga binaannya yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Lapas harus mengatur tempat yang sanga terbatas mengisolasi para napi tersebut agar tidak menulari napi lainnya. Terlebih virus corona yang menginfeksi ke-93 napi itu merupakan corona varian baru.

"93 orang dirawat isolasi mandiri di lapas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat, seperti dilansir LKBN Antara, Senin (5/4/2021).

Ia menjelaskan semua napi positif COVID-19 itu sudah dipisahkan dengan narapidana lainnya di Lapas Tasikmalaya agar tidak terjadi penularan yang lebih banyak.

Pihaknya kemudian melakukan penelusuran dan memeriksa kondisi kesehatan seluruh warga binaan lainnya untuk mendeteksi penularan.

"Napi yang positif dipisahkan di ruang khusus, tentu dilakukan (penelusuran, red.) termasuk terhadap 310 warga binaan," kata Uus.

Ia mengimbau jajaran Lapas Tasikmalaya meningkatkan penerapan protokol kesehatan, terutama dalam membatasi kunjungan masyarakat dari luar ke lapas tersebut.

Ia menyarankan bagi masyarakat yang akan membesuk narapidana agar terlebih dahulu menjalani tes usap antigen sehingga dapat diketahui kondisi kesehatannya terpapar COVID-19 atau tidak.

"Pembesuk ke depannya harus disyaratkan membawa surat keterangan hasil tes minimal 'rapid' (tes cepat) antigen, mengatur dan membatasi pembesuk, mengawasi status kesehatan binaan, menerapkan protokol kesehatan ketat," kata Uus.

Editor: Haris Pam

Komentar