Target Masih Kurang, Pemkot Bandung Terus Kejar Vaksin Tahap II

target-masih-kurang-pemkot-bandung-terus-kejar-vaksin-tahap-ii Target Masih Kurang, Pemkot Bandung Terus Kejar Vaksin Tahap II. (Trie Widiyantie/PindaiNews)

PINDAINEWS, Bandung - Jelang ramadhan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tetap lakukan vaksinasi, bahkan bagi petugas pelayan publik dan Lansia di Kota Bandung terus dikebut. Hingga saat ini setiap hari tak kurang dari 180 fasilitas kesehatan melaksanakan vaksinasi. Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kepadawartawan, Selasa (6/4). 

"Selama ketersediaan vaksin masih ada maka pada saat bulan puasa nanti, kami Pemkot Bandung akan tetap melaksanakan penyuntikan vaksin Covid-19," ungkap Yana.

Untuk itu Yana meminta bagi warga Kota Bandung yang berkesempatan mendapat jadwal vaksin bisa mengikuti, dan tidak perlu khawatir karena vaksin tidak membatalkan puasa. 

"Insyaallah tetap berjalan selama ketersediaan vaksinnya. Kami meminta warga, toh ini juga untuk kepentingan orang banyak. Mudah-mudahan semakin mempercepat, karena secara teori vaksinasi ini harus cepat," ujarnya.

Sebab, sambung Yana, MUI telah mengeluarkan fatwa nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat berpuasa. "Fatwa tersebut menyatakan vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa dengan memerhatikan kondisi umat Islam yang sedang menjalankan puasa," tegasnya.

Ia juga menuturkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan dengan kolaborasi berbagai pihak. Sehingga target pemberian vaksin bagi warga Kota Bandung bisa segera tercapai agar kekebalan kelompok segera terbentuk.

"Mudah-mudahan dengan semakin banyak fasilitas kesehatan berikut vaksinatornya, mudah-mudahan target pencapaian pelaksana vaksin di Kota Bandung semakin cepat," tandasnya.


Editor: DARMO SURYO

Komentar