Erick Thohir: 15 Persen Kepimpinan BUMN adalah Perempuan

erick-thohir-15-persen-kepimpinan-bumn-adalah-perempuan Menteri BUMN, Erick Thohir.. (net)

PINDAINEWS -- Sejak tampil menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick  Thohir melakukan banyak gebrakan. Satu di antaranya, menginginkan kepemimpinan wanita pada level jajaran tinggi BUMN sebanyak 15 persen.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Erick Thohir menegaskan, bahwa tahun ini, target 15 persen kepemimpinan perempuan pada jajaran tinggi BUMN harus terealisasi.

"Saya harap, kepemimpinan wanita yang masih sekitar 11 persen pada korporasi induk, tahun ini harus 15 persen," tandas Erick Thohir, pada pelantikan pengurus baru Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Rabu (7/4/2021).

Mantan pemilik saham mayoritas raksasa Lega Calcio Serie A, Inter "I Nerazzurri" Milan ini berpendapat, kepemimpinan perempuan berporsi cukup besar dalam posisi tinggi dan kunci pada sebuah korporasi adalah hal biasa. 

"Back ground saya dunia olahraga. Di dunia internasional, kepemimpinan wanita itu 30 persen wajib. Tidak hanya olahraga, tetapi juga secara global," sambungnya. Dua tahun berikutnya, yakni 2023, Erick menginginkan persentase kepemimpinan perempuan pada korporasi BUMN bertambah menjadi 20 persen. 

Harapannya, ucap dia, kehadiran para srikandi BUMN bisa memperbesar porsi keterwakilan perempuan sebagai upaya agar kesetaraan gender pada lingkungan BUMN meningkat.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar