Indonesia Punya Cadangan Devisa 137,1 Miliar Dolar AS

indonesia-punya-cadangan-devisa-1371-miliar-dolar-as Cadangan devisa nasional capai 137,1 miliar dolar AS.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Secara perlahan, ekonomi makro Indonesia mulai menunjukkan stabilitasnya. Itu tercermin pada total cadangan devisa negara pada periode Maret 2021.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, data Bank Indonesia (BI) menunjukkan, cadangan devisa Indonesia pada akhir Maret 2021 bernilai 137,1 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Nilai itu atau sedikit lebih rendah daripada Februari 2021, yang angkanya 138,8 miliar dolar AS.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, Rabu (7/4/2021), mengemukakan, meski sedikit lebih rendah daripada Februari 2021, cadangan devisa periode Maret 2021 itu setara pembiayaan 10,1 bulan impor atau 9,7 bulan impor, dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Selain itu, sambung Erwin, cadangan devisa periode Maret 2021 pun melebihi standar kecukupan internasional. "Yakni sekitar 3 bulan impor," tandas Erwin.

Dia meneruskan, pihaknya berpendapat, cadangan devisa itu bisa menjadi pendukung ketahanan sektor eksternal. Tidak itu saja, cadangan devisa periode Maret 2021, lanjutnya, juga bisa menjaga stabilitas makro-ekonomi dan sistem keuangan nasional.

Lalu, mengapa cadangan devisa Maret 2021 lebih rendah daripada Februari 2021?

Erwin menjelaskan, kondisi itu dipengaruhi pembayaran utang luar negeri pemerintah yang mengacu pada jatuh tempo pembayarannya. 

"Pada masa mendatang, kami memperkirakan, cadangan devisa tetap memadai. Itu berkat dukungan stabilitas dan prospek ekonomi seiring dengan berbagai respons kebijakan untuk mendorong pemulihan ekonomi," tutupnya.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar