4 Heli Jadi Tumpuan Salurkan Bantuan Ke Tempat Terpencil di NTT

4-heli-jadi-tumpuan-salurkan-bantuan-ke-tempat-terpencil-di-ntt 4 Heli Jadi Tumpuan Salurkan Bantuan Ke Tempat Terpencil di NTT. (antara)

PINDAINEWS.-- Untuk lebih mengoptimalkan bantuan bencana ke sejumlah wilayah terisolasi di Nusa Tenggara Timur (NTT), BNPB akan mengoptimalkan penggunaan helikopter.

"Hingga saat ini sudah ada empat helikopter yang dua di antaranya di Maumere, satu di Kupang, satu di Sumba, sedangkan dua lainnya diharapkan tiba di NTT" ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dikutip dari LKBN Antara. Kamis (8/4/2021

Doni menegaskan, khusus yang terisolir di Malaka, Adonara, Alor, Rote Ndau, dan beberapa tempat lainnya akan kita optimalkan untuk memanfaatkan helikopter.

Namun demikian, katanya, karena cuaca masih mengalami perubahan di lokasi bencana maka praktis penyaluran bantuan dengan helikopter masih terhambat.

"Besok (8/4) harapannya cuaca semakin baik sehingga tempat yang belum terjangkau jalur darat dan laut dapat terjangkau," ujarnya.

Oleh karena hujan lebat di Larantuka dan kondisi berkabut pada pagi tadi, dirinya bersama Wakil Gubernur NTT dan Bupati Flores Timur juga tidak dapat terbang untuk mendatangi lokasi bencana di Adonara.

"Saat ini, unsur TNI AD dari jajaran Kodam Udayana telah mendirikan dapur lapangan di setiap lokasi pengungsian, termasuk memperkuat posko di tiap-tiap daerah, sedangkan TNI AL telah menyiapkan sejumlah kapal, di antaranya KRI Oswald Siahaan yang akan sandar di Maumere membawa perlengkapan dan keperluan logistik, dan KRI Ahmad Yani yang akan sandar juga di tempat itu untuk membawa perlengkapan dan logistik." tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar