Kapolda Kalbar Sebut Berani Bakar Lahan, Proses Hukum Siap Menanti

kapolda-kalbar-sebut-berani-bakar-lahan-proses-hukum-siap-menanti Kapolda Kalbar Sebut Berani Bakar Lahan, Proses Hukum Siap Menanti. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Untuk memberikan efek jera, Kapolda Kalbar Irjen (Pol) R Sigid Tri Hardjanto mengancam akan memproses hukum siapa saja pelaku atau pembakar lahan yang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tanpa kompromi.

"Siapapun yang membakar lahan yang menyebabkan Karhutla, maka akan kami proses hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata R Sigid Tri Hardjanto dikutip dari LKBN Antara. Kamis. (08/4/2021)

Dia menjelaskan arahan langsung dari presiden kepada gubernur, pangdam dan kapolda di Istana Negara, yang pertama bahwa jangan membiarkan api kecil sehingga membesar dan menjadi kebakaran yang sulit dipadamkan, dan yang kedua bahwa infrastruktur yang memonitor karhutla agar memudahkan pengawasan sampai di tingkat bawah dengan memanfaatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kepala desa.

"Saat ini Polda Kalbar memanfaatkan aplikasi penunjang penanganan karhutla yaitu Sipongi miliki Kementerian LHK, Lancang Kuning milik Polri dan Bongkar aplikasi milik Polda Kalbar yang sudah dibuat oleh Direktur Reskrimsus Polda Kalbar," tandasnya.


Editor: DARMO SURYO

Komentar