Lebih Dari 60 Dokter di Jember Terpapar Covid 19

lebih-dari-60-dokter-di-jember-terpapar-covid-19 Lebih Dari 60 Dokter di Jember Terpapar Covid 19. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Selama pandemi hingga awal April 2021 lebih dari 60 dokter di Kabupaten Jember, Jawa Timur pernah terpapar COVID-19.

"Jumlah dokter di Jember tercatat sekitar 700 orang dan yang sudah terpapar COVID-19 mencapai 10 persen. Jumlah dokter yang terpapar dari segi persentase cukup besar," ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jember Alfi Yudisianto dikutip dari LKBN Antara. Kamis (8/4/2021)

Ia mengatakan ada dua dokter di Jember yang meninggal dunia karena COVID-19 yakni dokter umum dan spesialis obgyn, sehingga semakin menambah jumlah dokter di Jawa Timur yang meninggal akibat terpapar virus Corona.

"Kami berharap tidak ada lagi dokter dan tenaga kesehatan yang meninggal dunia karena terpapar COVID-19 seiring dengan menurunnya jumlah kasus positif," tuturnya.

Alfi menjelaskan dokter yang terpapar COVID-19 karena memang pekerjaannya yang rentan tertular virus corona dari pasien, meskipun sudah menjalankan protokol kesehatan semaksimal mungkin.

"Dokter sering ketemu pasien positif, apalagi kasus COVID-19 di Jember membeludak pada Desember 2020 hingga Januari 2021 membuat para dokter lelah yang berdampak pada turunnya imunitas, sehingga mudah terpapar virus Corona," tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar