Peras dan Ancam Teknisi Kabel Optik, 2 Oknum Ormas Digulung Polisi

peras-dan-ancam-teknisi-kabel-optik-2-oknum-ormas-digulung-polisi E dan A, pelaku dugaan pemerasan dan ancaman terhadap teknisi kabel optik di Gedebage, Kota Bandung,. (antara)

PINDAINEWS--Dua anggota organisasi masyarakat (ormas) di Bandung, Jawa Barat dibekuk aparat Polrestabes Bandung atas dugaan pemerasan dan pengancaman terhadap para teknisi kabel optik di kawasan Gede Bage, Kota Bandung.

Tindak pemerasan itu sempat beredar di media sosial dalam sebuah rekaman video. Kedua tersangka pemerasan dan pengancaman itu berinisial E dan A.

"Para petugas teknisi kabel itu sedang memperbaiki kabel fiber optik yang putus karena kena alat berat akibat proyek di Gedebage. Kemudian datanglah dua orang pelaku itu yang meminta sejumlah uang," kata Kepala Satreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Adanan Mangopang, di Markas Polrestabes Bandung, seperti dilansir LKBN Antara, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya para pelaku itu memeras jatah sekitar Rp1 juta dari para teknisi. Namun para teknisi tidak membawa uang. Selain pemerasan, para pelaku juga mengancam akan mendatangkan para anggota ormas lainnya.

Pada saat itu, kata dia, terjadi kejar mengejar antara pelaku dan para teknisi yang menjadi korban pemerasan itu. Setelah video itu beredar, Adanan mengaku langsung memerintahkan para anggota Polsek Gedebage untuk segera melakukan penangkapan dua pelaku itu.

Dia pun menegaskan bahwa tindakan premanisme apapun harus diberantas untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Sedang kita dalami, apakah sampai ke ormas itu atau tidak, atau nyangkut, sudah saya perintahkan Kanit Reskrim Gedebage untuk kembangkan, nanti Polrestabes siap membantu," kata dia.

Adapun polisi menjerat kedua pelaku pemerasan tersebut dengan Pasal 368 KUHP tentang pemerasan dengan ancaman 9 tahun penjara.

Editor: Haris Pam

Komentar