Waduh ! Gelombang Covid 19 Kembali Mengganas di Brazil

waduh-gelombang-covid-19-kembali-mengganas-di-brazil Waduh ! Gelombang Covid 19 Kembali Mengganas di Brazil. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Brazil terus berjuang untuk mengatasi lonjakan covid yang terus terjadi dinegaranya. Otoritas kesehatan Brazil menyatakan jika tingkat hunian ruang ICU di Brazil mencapai 90 persen di 21 dari 26 ibu kota daerah, menjadi level tertinggi sejak kasus pertama COVID-19 diumumkan di negara tersebut.

"Ruang ICU di empat ibu kota negara bagian, yakni Belo Horizonte, Campo Grande, Rio Branco, dan Porto Velho, mencapai kapasitas penuh." ujar Otoritas Kesehatan Brazil dilanzir dari LKBN Antara. Kamis (8/4/2021)

Hanya dua ibu kota yang tingkat hunian ICU-nya di bawah 80 persen, yakni Manaus (77 persen) dan Boa Vista (48 persen).

Disebutkan pula bahwa tingkat hunian ICU di Negara Bagian Mato Grosso do Sul adalah sebesar 106 persen. Persentase itu menandakan bahwa para pasien menunggu giliran tempat tidur.

Negara Amerika Selatan itu menghadapi wabah terparah COVID-19 kedua di dunia setelah Amerika Serikat, dengan 340.776 kematian dan 13.193.205 kasus.

Semenjak virus corona mewabah, Brazil telah melaporkan hampir 12.5 juta kasus dengan total 310.550 kematian, berdasarkan data kementerian.

Rekor wabah mingguan Brazil disebabkan oleh peluncuran vaksin yang tidak merata, kurangnya koordinasi dengan pusat, dan kemunculan varian baru virus corona.


Editor: DARMO SURYO

Komentar