Piala Kemenpora 2021: Jadi Semifinalis, Persib Tunggu Lawan

piala-kemenpora-2021-jadi-semifinalis-persib-tunggu-lawan Singkirkan Persebaya 3-2, Persib rebut tiket semifinal Piala Kemenpora.. (net)

PINDAINEWS -- Meski hanya bertajuk turnamen pra-musim, para kontestan Piala Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) 2021, menunjukkan penampilan yang serius. Begitu juga dengan armada kebanggaan Jabar, khususnya, Kota Bandung.

Sebelum ajang ini bergulir, arsitek Persib, Robert Rene Alberts menyatakan bahwa kubunya hanya menargetkan performa maksimal.

Dasarnya, armada berkostum biru ini menjadikan Piala Kemenpora 2021 seabagi ajang pemanasan dan mengetahui apa yang harus mengalami pembenahan menjelang bergulirnya Liga 1 Indonesia 2021.

Namun, kenyataannya, Persib terus melangkah mulus sejak babak penyisihan grup. Bahkan, Pangeran Biru menjadi juara Grup D sehingga berhak atas tiket perempatfinal.

Pada babak 8 Besar, laju Persib belum terhenti. Terbukti, pada babak perempatfinal, Maung Bandung sukses menyingkirkan rival tradisionalnya semasa Kompetisi Perserikatan, Persebaya, 3-2. Hasil itu membawa Persibpada babak semifinal.

Pada fase empat besar, Persib menantang pemenang hasil perempatfinal lainnya, Bali United dan PSS Sleman, yang baru berlaga Senin (12/4/2021) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung.

Pada laga itu, Persib langsung tampil ofensif sejak kick off. Hasilnya, Ezra Walian menciptakan gol kilat bagi Persib saat laga baru memasuki menit pertama.

Dalam kondisi Persebaya yang masih terkejut karena gol kilat itu, Persib meningkatkan serbuannya. Pada menit 6, serbuan Persib berbuah manis. Giliran Fretz Butuan yang memperbesar keunggulan jawara Indonesian Super League (ISL) 2014 ini menjadi 2-0.

Meski leading 2-0, Persib tidak mengurangi tempo permainannya. Otomatis, hal itu membuat Persebaya kian tertekan. Pada menit 38, pasukan yang berdiri pada 1933 ini memperlebar jarak menjadi 3-0, Kali ini, pemain asal Belanda, Nick Kuipers, yang mencatatkan namanya pada papan skor.

Namun, situasinya berubah pada babak kedua. Meski tampil 10 orang karena kiper Bajul Ijo, Satria Tama, harus meninggalkan arena akibat menyentuh bola di luar kotak penalti, Persebaya justru tampil agresif.

Agresivitas Persebaya menyebabkan Persib tertekan. Pada menit 62, punggawa Persebaya, Arif Satria memangkas jarak menjadi 3-1, memanfaatkan free kick Alwi Slamat.

Gawang Persib jebol lagi. Kali ini, Persebaya melakukannya melalui gol Syaifuddin. Gol kedua Persebaya itu terjadi juga melalui bola mati. Bola hasil free Kick Alwi Slamat diteruskan Syaifuddin. Si kulit bundar menerobos gawang Persib, 3-2.

Beruntung, gol Syaifuddin itu terjadi pada masa injury time babak II. Beberapa saat kemudian, laga pun tuntas. Persib pun berhak meraih tiket semifinal Piala Kemenpora 2021.

Hasil Perempatfinal Piala Kemenpora 2021

PSIS vs PSM Makassar 0-0 (2-4)

Persija vs Barito Putera 1-0

Persib vs Persebaya 3-2

Jadwal Perempatfinal Piala Kemenpora 2021

12 April 2021: PSS vs Bali United (Stadion Si Jalak Harupat)

Jadwal Semifinal Piala Kemenpora 2021

Persija vs PSM Makassar

Persib vs PSS/Bali United


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar