Agar Badan Tetap Segar Saat Puasa, Yuk Atur Rutinitas Tidur

agar-badan-tetap-segar-saat-puasa-yuk-atur-rutinitas-tidur Agar Badan Tetap Segar Saat Puasa, Yuk Atur Rutinitas Tidur. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Ramadhan adalah bulan ibadah dan kebersamaan, namun ibadah malam dan sahur pada dini hari dapat membuat kebiasaan tidur berubah.

Oleh karena itu, dokter menyarankan untuk mengatur jadwal tidur yang bisa diterapkan selama sebulan, dan untuk memastikan setiap orang bisa tidur setidaknya empat jam tanpa gangguan di malam hari.

“Tidur adalah bagian penting dari menjaga kesehatan yang memungkinkan tubuh untuk mengisi energi dan memulihkan diri. Kurang tidur dapat memengaruhi suasana hati serta kesehatan fisik seseorang, termasuk penambahan berat badan hingga peningkatan risiko penyakit jantung atau bahkan diabetes," ujar Dr Sobia Farooq, ahli paru di Klinik Cleveland Abu Dhabi, dikutip dari LKBN Antara, sabtu (17/4/2021)

Rata-rata, orang dewasa membutuhkan antara tujuh setengah hingga delapan jam tidur setiap malam, sedangkan anak-anak berusia enam hingga 12 jam membutuhkan antara sembilan hingga 12 jam tidur setiap hari.

Banyak orang menghadapi kurang tidur akut pada malam hari, yang menyebabkan lelah, mengantuk, dan perubahan suasana hati di siang hari.

"Merencanakan rutinitas tidur baru selama Ramadhan bisa membantu mengurangi risiko kurang istirahat. Orang-orang harus menargetkan setidaknya waktu tidur selama empat jam di malam hari, idealnya sebelum bangun untuk sahur, dan kemudian tidur beberapa jam lagi setelah shalat subuh sebelum menjalankan aktivitas." tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar