Tak Usah Panik, Siklon Surigae Tak Berpengaruh di Jabodetabek

tak-usah-panik-siklon-surigae-tak-berpengaruh-di-jabodetabek Tak Usah Panik, Siklon Surigae Tak Berpengaruh di Jabodetabek. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Siklon tropis Surigae, yang saat ini berada di Samudra Pasifik sebelah utara Papua Barat tidak berpengaruh terhadap cuaca di wilayah Jabodetabek.

"Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek. Cuaca di Jabodetabek saat ini dipengaruhi sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat Bengkulu dan perlambatan angin di atas Banten-Jawa Barat," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dikutip dari LKBN Antara, Sabtu (17/4/2021)

Guswanto menuturkan sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat Bengkulu tersebut membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan barat Lampung hingga Samudra Hindia barat Lampung yang menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang sistem sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konfluensi.

BMKG juga memantau adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya yang memanjang dari perairan barat Aceh hingga Sumatera Utara bagian selatan, dari Teluk Bone hingga Sulawesi Barat bagian utara.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi awan hujan di sepanjang wilayah konvergensi tersebut," tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar