Vaksin Covid 19 Bermanfaat Saat Berpuasa ? Ini Penjelasan Dokter

vaksin-covid-19-bermanfaat-saat-berpuasa-ini-penjelasan-dokter Vaksin Covid 19 Bermanfaat Saat Berpuasa ? Ini Penjelasan Dokter. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Saat berpuasa Ramadhan tidak ada perbedaan kondisi imunitas tubuh selama berpuasa dengan tidak berpuasa. Hal inilah yang membuat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 diperbolehkan meski penerima sedang berpuasa Ramadhan.

“Justru menurut para ahli, imunitas kita selama bulan puasa akan lebih meningkat jika dibandingkan ketika tidak berpuasa. Hal tersebut didukung dengan pola makan saat sahur dan buka puasa yang diterapkan dengan baik,” ujar dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dr. Kathi Swaputri Kancana, Sp.PD dikutip dari LKBN Antara. Sabtu (17/4/2021)

Kathi Swaputri menambahkan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pun disarankan ketika berpuasa, karena selama berpuasa respon imunitas justru akan meningkat dua kali lipat. Sebab, setelah 12 jam pascapuasa, makrofag pada sistem imunitas akan bekerja lebih cepat untuk membersihkan sel-sel mati dalam tubuh.

"Proses tersebut disebut autofagi di mana sistem imun kita menjadi lebih sensitif. Itulah juga mengapa puasa sangat baik untuk pasien-pasien dengan diabetes, tuberculosis, dan penyakit metabolik lainnya,” tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar