Cegah Kekeringan Sawah, Pemkab Karawang akan Normalisasi Irigasi

cegah-kekeringan-sawah-pemkab-karawang-akan-normalisasi-irigasi Ilustrasi areal persawahan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.. (net)

PINDAINEWS, Karawang--Sedimentasi atau pendangkalan sungai serta banyaknya bangunan liar menjadi penyebab kekeringan sawah yang terjadi di wilayah Batujaya dan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

Atas kondisi itu, Pemkab Karawang akan melakukan normalisasi irigasi dan menertibkan bangunan liar tersebut yang berdiri di sekitar saluran irigasi untuk mengatasi masalah kekeringan sawah, terutama saat kemarau.

"Kekeringan sawah yang terjadi di wilayah Batujaya dan Pakisjaya itu karena berbagai faktor. Di antaranya karena pendangkalan saluran irigasi dan banyaknya bangunan liar," kata Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, seperti dilansir LKBN Antara, Sabtu (18/4/2021).

Penanganan kekeringan sawah jangka pendek, pihaknya akan melakukan normalisasi saluran irigasi, termasuk melakukan penertiban bangunan liar yang banyak berada di sekitar saluran irigasi.

"Normalisasi dan penertiban bangunan liar di saluran irigasi bertujuan agar debit air yang mengalir tidak terhambat," kata dia.

Aep mengaku sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait rencana normalisasi dan penertiban bangunan liar di sekitar saluran irigasi itu.

Sementara, untuk penanganan kekeringan sawah jangka panjang, pemkab akan membangun embung. Menurut dia, pembangunan embung nantinya akan memiliki banyak fungsi.

Selain untuk serapan air ketika hujan deras, juga untuk menyimpan air saat kemarau. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah saat kemarau.

Editor: Haris Pam

Komentar