Ini Penyebab Gelombang Tinggi di Samudra Pasifik Sebelah Utara Halmahe

ini-penyebab-gelombang-tinggi-di-samudra-pasifik-sebelah-utara-halmahe Ini Penyebab Gelombang Tinggi di Samudra Pasifik Sebelah Utara Halmahera. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Peningkatan tinggi gelombang laut mencapai 4-6 meter di Samudra Pasifik utara Halmahera diakibatkan oleh siklon tropis Suriage.

"Kami mengimbau masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi yang diprakirakan terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia akibat siklon tropis Surigae," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo dikutip dari LKBN Antara Senin (19/4/2021)

Selain itu, gelombang dengan ketinggian 2,5-4 meter juga berpeluang terjadi di Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Morotai bagian utara dan Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian utara dan Samudra Pasifik utara Papua barat.

"BMKG memprediksi posisi Siklon tropis Surigae pada Senin (19/4) pukul 19.00 WIB akan berada di Samudera Pasifik timur Filipina, 15.0 Lintang Utara, 126.5 Bujur Timur atau sekitar 1.300 km sebelah utara Tahuna." tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar