Waspadalah ! Banyak Pohon Rawan Tumbang di Kota Bandung

waspadalah-banyak-pohon-rawan-tumbang-di-kota-bandung Waspadalah ! Banyak Pohon Rawan Tumbang di Kota Bandung. (antaranews.com)

PINDAINEWS, Bandung - Kepala DPKP3 Kota Bandung, Dadang Dermawan mengatakan pihaknya tidak pernah behenti melakukan sensus atau pendataan pohon-pohon di Kota Bandung.

"Ada satu juta lebih pohon di Kota Bandung dengan kondisi yang berbeda-beda. Rawan tumbang tidak hanya karena faktor usia, namun juga jenis pohon itu sendiri," ujar Dadang. Senin (19/4/2021)

Ia menguraikan, misalnya saja pohon mahoni yang berada di Jalan Cipaganti, kendati sudah tua namun masih sehat dan kuat. Berbeda dengan jenis pohon Flamboyan banyak yang sudah keropos, begitu juga dengan pohon Jayanti yang harus diwaspadai.

"Tidak hanya karena jenis dan usia, ada juga karema media tanamnya yang terbatas. Artinya, tempat pohon tersebut ditanam memiliki media terbatas. Misalnya, karena adanya pelebaran jalan sehingga akarnya harus dipapas," kata Dadang.

Disamping itu juga, tambahnya, lahan media tanam pohon yang ada berebut dengan drainase sehingga akar pohon harus dipotong. "Awal tahun kemarin kita mengecek pohon dibeberapa ruas jalan, mana yang harus ditebang dan harus diamankan, terutama musim hujan.  Sekarang yang diprioritaskan yaitu Dago, Diponegoro, Sukajadi, Sukarno Hatta,
Jalan Riau dan  banyak pohon Tanjung yang usianya sudah tua," jelasnya.

Atas dasar itulah, Dadang berharap warga waspada serta hindari keluar rumah jika kondisi cuaca lagi tidak baik. "Saat hujan besar, hindari
berteduh di bawah pohon," tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar