Masuk DPO, Nabi ke-26 Jadi Buronan Polri

masuk-dpo-nabi-ke-26-jadi-buronan-polri Jozeph Paul Zhang jadi buronan Bareskrim Polri.. (net)

PINDAINEWS -- Beberapa waktu lalu, Jozeph Paul Zhang sosok yang menghebohkan. Bagaimana tidak, melalui penayatangan video pada sebuah Channel YouTube, pria itu mengklaim sebagai nabi ke-26.

Sontak, pengakuan Jozeph Paul Zhang meresahkan. Jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) pun langsung menindaklanjuti masalah tersebut.

Keseriusan Polri ditunjukkan oleh segera terbitnya Daftar Pencarian Orang (DPO), yang di dalamnya, tercantum nama Jozeph Paul Zhang. Ini berarti Jozeph Paul Zhang menjadi buronan Polri.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara. pihak Polri mengakui bahwa untuk meringkus Jozeph Paul Zhang butuk kerja yang cukup keras. Pasalnya, ada indikasi, Jozeph Paul Zhang tidak berada di Indonesia. Karenanya, Polri menjalin kerja sama dengan kepolisian internasional (interpol).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Polri, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Rusdi Hartono, mengemukakan, Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri segera menerbitkan DPO.

"Tentunya, Bareskrim menyerahkan DPO itu kepada interpol. DPO itu menjadi dasar Interpol menerbitkan 'red notice," tandas Rusdi, Senin (19/4/2021).

Rusdi mengatakan, Bareskrim Polri menerima laporan masyarakat tentang beredarnya video viral YouTuber yang mengaku sebagai nabi ke-26. Laporan terkait penodaan agam tersebut diajukan oleh Husin Shahab selaku Ketua Cyber Indonesia, pada Sabtu (17/4/2021). "Nomor laporannya yaitu LP/B/0253/VI/2021/Bareskrim Polri," jelasnya.

Dalam menyelesaikan perkara ini, karena indikasinya Jozeph Paul Zhang  tidak berada di Indonesia, Rusdi melanjutkan, selain interpol, pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melalui Direktorat Keimigrasian. 

Video pria bernama Jozeph Paul Zhang mengaku nabi ke-26 beredar luas pada media sosial dan viral. Pengakuan sosok pria itu sebagai nabi ke-26 dia sampaikan dalam forum diskusi via zoom bertajuk "Puasa Lalim Islam" melalui Channel YouTube pribadinya.

Ia pun membuka sayembara. Isinya, menantang siapa pun yang berani melaporkannya kepada kepolisian tentang penistaan agama, termasuk pengakuannya sebagai nabi ke-26, memperoleh hadiah uang Rp 1 juta.

BACA JUGA : 


Buru Pengaku Nabi ke-26, Polri Kolaborasi dengan Interpol

BACA JUGA : 


Polisi Melacak Jejak Joseph Paul Zhang yang Viral Mengaku Nabi ke-26



Editor: Erwin Adriansyah

Komentar