Sebentar Lagi Ada Layanan Podcast Berbayar di Spotify

sebentar-lagi-ada-layanan-podcast-berbayar-di-spotify Sebentar Lagi Ada Layanan Podcast Berbayar di Spotify. (antaranews.com)

PINDAINEWS. -- Apple bukan satu-satunya raksasa teknologi dengan langganan podcast berbayar dalam waktu dekat. Karena tak lama lagi Spotify akan mengungkap sistem podcast berbayarnya sendiri pada minggu depan.

Dilansir dari LKBN Antara, Spotify tidak akan memungut biaya atau memotong setiap keanggotaan. Pembuat podcast (podcasters) disebut dapat menetapkan harga mereka sendiri.

Sebaliknya, Apple akan mempertahankan hingga 30 persen dari biaya langganan podcast di bawah programnya, yang diluncurkan bulan depan. Sebagian besar platform termasuk YouTube, Twitch, Facebook dan Patreon, juga memotong biaya langganan dan/atau pembayaran dari penggemar atau pendengar.

Spotify belum mengkonfirmasi rencana tersebut, tetapi kepala konten dan bisnis iklan Dawn Ostroff mengatakan ada "ruang untuk semua orang" di ruang audio.

Di sisi lain, Patreon, Pocket Casts, Stitcher, dan Amazon Wondery telah menawarkan podcast berbayar sebelumnya. Apple dan Spotify dapat dengan cepat menyudutkan pasar melalui pengaruh yang kuat, namun, asalkan ada cukup minat untuk membayar konten podcast.


Editor: DARMO SURYO

Komentar