Ingat ! Kantuk Selama Ramadhan Bukan Karena Puasa

ingat-kantuk-selama-ramadhan-bukan-karena-puasa Ingat ! Kantuk Selama Ramadhan Bukan Karena Puasa. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Puasa bukan penyebab seseorang merasa lebih mengantuk selama Ramadhan. Hal tersebut ditegaskan oleh Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik diabetes dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Suharko Soebardi.

"Bukan masalah puasa. Puasa mungkin karena perubahan pola karena kita sahur (bangun lebih awal sebelum subuh)," ujar suharko dikutip dari LKBN Antara. Selasa (27/4/2021)

Suharko menekankan pentingnya kecukupan istirahat, yang bisa secara utuh ataupun terbagi menjadi beberapa waktu. Anda bisa tidur tidak terlalu larut saat malam hingga menjelang sahur atau membagi waktu tidur sampai kebutuhan tidur dapat tercukupi.

Selain kecukupan tidur, pastikan juga tubuh Anda bugar dengan melakukan olahraga secara rutin. Suharko mencontohkan, olahraga yang dia lakukan misalnya di tengah jadwal kuliahnya bisa membantu tetap fokus dan memudahkan tidur saat sudah memasuki waktunya.

"Tubuh tidak fit itu tanda orang yang mudah mengantuk. Terkait juga dengan kebugaran. Dengan tubuh fit, rutin berolahraga, maka pada saat dibutuhkan misalnya mendengarkan kuliah bisa lebih fokus dan memudahkan tidur saat sudah waktunya," tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar