Kritisi Mutu Perkuliahan Daring, FDK UIN SGD Bandung Gelar Workshop

kritisi-mutu-perkuliahan-daring-fdk-uin-sgd-bandung-gelar-workshop Kritisi Mutu Perkuliahan Daring, FDK UIN SGD Bandung Gelar Workshop Peningkatan Mutu Perkuliahan Dar. (Istimewa)

PINDAINEWS.Bandung, -- Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN SGD Bandung, Dr. H. Ahmad Sarbini mengatakan perkuliahan daring yang sudah dilaksanakan selama ini perlu untuk diakukan evaluasi dan quality control secara sistem dan subtansi.

" Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil (result), target, dan out put yang maksimal dan optimal" ujar Sarbini dalam Workshop Peningkatan Mutu Perkuliahan Daring belum lama ini.

Selain itu, Sarbini menuturkan jika Workshop ini juga memiliki tujuan untuk mengembangkan wawasan dan skill dalam pengembangan perkuliahan melalui media daring, juga bisa melakukan Teknik evaluasi perkuliahan.

"Melalui kegiatan workship ini diharapkan dapat memberikan memberikan spirit dan motivasi kepada civitas akademika dosen dilingkungan FDK UIN SGD Bandung."ujarnya.

Sementara itu, Guru Besar teknologi Komunikasi Pendidikan UPI Bandung Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Si, dalam paparan materianya ia menyampaikan tentang pengembangan materi dan media perkuliahan Daring.

"Teknologi komunikasi Pendidikan sekarang ini banyak dicari, karena semua pembelajaran dan perkuliahan dilakukan secara daring" terangnya.

Dalam menyelenggarakan pembelajaran daring, dosen dapat mengkombinasikan dari 2 pendekatan sinkronus dan asinkronus dengan berbagai media teknologi baik yang sudah ada, maupun teknologi yang bisa mengakses content global, dan teknologi yang dalam standar global. Ia juga menambahkan, untuk bisa variatif dalam menggunakan multi platform media daring.

Hal senada juga disampaikan oleh guru Besar teknologi Komunikasi Pendidikan UPI Bandung Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed, yang mengakatan pentingnya pengembangan model materi perkuliahan dan bagaimana mana Teknik evaluasi perkuliahan yang tepat, suasuai target dan tujuan.

"Teknik evaluasi perlu dipahami dan dilakukan untuk mecari solusi dan mengatasi permasalahan yang ada dalam proses perkuliahan, instrumen Teknik evaluasi menjadi penting." ujarnya.

Pada sesi workshop selanjutnya, Dr. H. Enjang AS, M.Si yang juga sebagai Wakil Dekan 1, melakukan pengarahan untuk melakukan evaluasi dan pengembangan perkulihan ini dengan membentuk group discussion kepada seluruh dosen.

Dalam arahannya, Ia mengungkapkan bentuk evaluasi ini dengan cara pembagian kelompok berdasarkan MKDU, Rumpun Ilmu, dteam teaching, kemudian Sharing and Group Discussion tentang materi dan metode perkuliahan dari semua dosen. 

Editor: DARMO SURYO

Komentar