Puluhan Ribu Kendaraan Lintasi Cipali, Bus Kecil Dominan di Palimanan

puluhan-ribu-kendaraan-lintasi-cipali-bus-kecil-dominan-di-palimanan Puluhan ribu mobil lintasi Cipali, didominasi bus kecil.. (antaranews.com)

PINDAINEWS, Cirebon -- Pemerintah memang memberlakukan pelarangan mudik Idul Fitri 2021, yakni periode 6-17 Mei 2021. Namun, banyak masyarakat yang memanfaatkan momentum sebelum berlakunya pelarangan mudik itu untuk bertolak ke berbagai daerah.

Karenanya, tidak heran, dalam beberapa hari terakhir, sejumlah ruas jalan mengalami kenaikan volume kendaraan. Begitu juga dengan Gerbang Tol (GT) Palimanan Cirebon. 

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Kepala Departemen Transaksi Tol ASTRA Tol Cikampek-Palimanan (Cipali), Andre Yulianto, mengemukakan, pada periode Ramadan-Idul Fitri 2021, volume kendaraan yang melintasi ruas tol ini lebih banyak daripada momen sama tahun lalu.

Dia memperkirakan, volume kendaraan yang melinasi tol Cipali pada periode Ramadan-Idul Fitri 2021 sekitar 34 ribu unit kendaran per hari. Jumlah itu, jelasnya, melebihi volume kendaraan pada periode sama tahun lalu, yang banyaknya sekitar 20 ribu unit per hari.

Di GT Palimanan, kendaraan jenis minibus mendominasi. Kendaraan yang melintasi GT Palimanan, mayoritas berpelat nomor luar daerah. Pelat nomor B alias asal wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) yang dominan.

Rizal (35) mengaku membawa penumpang yang ingin mudik ke Jateng, sebelum adanya larangan mudik dari pemerintah. Opsi itu supaya menghindari penyekatan. 

Dia berpendapat, tidak tertutup kemungkinan, banyak masyarakat yang memutuskan mudik lebih awal. Hal itu, jelasnya, sebagai cara agar tidak terkena operasi penyekatan. 


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar