Kota Bandung Siapkan Tempat Karantina Bagi Pemudik

kota-bandung-siapkan-tempat-karantina-bagi-pemudik Salah satu tempat karantina.. (antaranews.com)

PINDAINEWS, Bandung -- Menjelang Idul Fitri, yang tinggal sekitar 10 hari lagi, pemerintah, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, terus menggencarkan imbauan pelarangan mudik Idul Fitri 2021, yakni periode 6-17 Mei 2021.

Namun, tidak tertutup kemungkinan, ada masyarakat yang mudik ke Kota Kembang lebih awal, yakni sebelum periode pelarangan mudik Idul Fitri 2021 berlaku. Adanya warga yang mudik lebih awal itu, tentunya, membuat Pemkot Bandung menyiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19.

Sebagai upaya antisipasinya, Dinas Kesehatan Kota Bandung mengimbau masyarakat yang berangkat mudik ke Kota Bandung sebelum masa larangan mudik berlaku,  untuk melakukan karantina mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, di Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana Bandung, Senin (3/5./2021), mengemukakan, pihaknya menyiapkan beberapa tempat bagi masyarakat yang mudik lebih awal untuk melakukan karantina mandiri.

"Petugas kewilayahan menyiapkan tempat karantina mandiri. Sementara, jika perlu adanya karantina mandiri terpusat, itu bisa secara langsung. Kami menyiapkannya (lokasi karantina terpusat)," tegas Ahyani.

Dia menyatakan, pada dasarnya, masyarakat tidak boleh mudik. Akan tetapi, lanjutnya, berdasarkan hasil rapat terbatas, apabila ada masyarakat yang terlanjur mudik, berlaku wajib lapor 1x24 jam. Yang terpenting, sahutnya, melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Memang, jelasnya, khusus wilayah aglomerasi, pemerintah membolehkan  pergerakan masyarakat. Walau demikian, sambungnya, pihaknya mengingatkan masyarakat supaya tetap membatasi pergerakan.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar