Lima Rider Bertumbangan Usai Berlaga di Jerez

lima-rider-bertumbangan-usai-berlaga-di-jerez Marc Marquez kesakitan usai MotoGP Spanyol.. (net)

PINDAINEWS -- Seri keempat MotoGP 2021, yakni MotoGP Spanyol yang bergulir di Sirkuit Jerez, Minggu (2/5/2021) malam WIB, memunculkan cerita baru. Bukan soal andalan Ducati Lenovo Racing Team, Jack Miller, yang secara sensasional, menjadi juara.

Bukan juga perkara Fabio Quartararo, yang secara mengejutkan, yang pada awal race berada pada urutan terdepan, justru tercecer menjadi finish urutan 13. Yang mengejutkan, usai MotoGP Spanyol 2021, lima jagoan balap motor bertumbangan. 

Mereka  yakni jawara dunia MotoGP 6 kali, Marc Marquez.  Lalu, jagoan Aprilia Gresini Racing Team, Aleix Espargaro. Kemudian, andalan KTM Tech 3 Factory Racing, Danilo Petrucci. Kemudian, Fabio Quartararo. Terakhir, punggawa Suzuki Ecstar, Alex Rins. Kabarnya, kelima jagoan adu cepat itu cedera usai tampil di Jerez. 

Lalu, cedera apa saja yang diderita kelima rider tangguh itu?

Usai berlaga di Jerez, Marquez mengakhiri uji coba Jerez jauh lebih awal. Hanya 7 lap dia lakoni. Itu terjadi sebagai efek crash yang dialaminya pada Free Practise (FP) 3 MotoGP Spayol. 

Kabarnya, efek crash itu, The Baby Alien, yang baru pulih humerus kanannya akibat kecelakaan hebat, juga di Sirkuit Jerez pada tahun lalu, yang menyebabkannya absen selama MotoGP 2020, mengalami rasa sakit dan kaku pada lengan kanan, bahu kanan, serta lehernya.

Rasa sakit pun dialami Aleix Espargaro. Saudara kandung tandem Marquez, Pol Espargaro, ini mengalami gangguan pada arm-pump atau sindorm m kompartemen lengan, pasca tampil di Jerez.

Seperti Marquez, Aleix Espargaro pun mengakhiri uji coba pascabalap di Jerez lebih awal dan bertolak pergi ke Barcelona untuk menjalani tes medis.

Masalah arm-pump pun dialami Fabio Quartararo. Ini berarti terjawab sudah mengapa posisi El Diablo pada Seri di Jerez itu merosot dan finish urutan 13. The French Man merasakan kambuh pada arm-pump kanannya. 

Sebenarnya, Quartarao merasakan sakit arm-pump kanannya usai merajai MotoGP Doha. Saat berlaga di Jerez, kopndisinya kian parah. Kondisi itu memaksa Quartararo absen pada uji coba di Jerez.

Mirip dengan Quartararo dan Aleix Epsargaro, Danilo Petrucci pun mengalami masalah arm-pump. Tidak hanya itu, usai melakoni MotoGP Spanyol 2021, Petrucci cedera hernia leher. Hal itu membuatnya kesulitan tampil. 

Berbeda dengan Quartararo, Petrucci, dan Aleix Espargaro, andalan Suzuki Ecstar, Alex Rins, mengalami rasa sakit karena cedera bahu kanannya kambuh. Itu terjadi setelah Rins crash pada turn 5 saat melakoni Free Practise 4 MotoGP Spanyol 2021. 

Akibatnya, pada uji coba kali ini pun, Rins tidak secara full melakoninya. Seperti Aleix Espargaro, Rins bertolak ke Barcelona untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan medis. 


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar