Mendagri: Tidak Boleh Ada Open House Idul Fitri!

mendagri-tidak-boleh-ada-open-house-idul-fitri Mendagri, Tito Karnavian.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Sepertinya, cukup banyak terdapat perbedaan suasana Idul Fitri 2021 dengan momen sama tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, pemerintah menerbitkan berbagai peraturan berkenaan dengan Idul Fitri 2021.

Di antaranya, pelarangan mudik. Hal ini bertujuan untuk mencegah, meminimalisir, sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pada masa libur Idul Fitri 2021. 

Yang terbaru, diwartakan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, pemerintah, melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menerbitkan Pelarangan Open House Idul Fitri 2021.

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menter Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 800/2794/SJ, yang ditandatangani Mendagri, Tito Karnavian.

Melalui keterangan tertulisnya, Tito Karnavian meminta para gubernur, bupati-wali kota se-Indonesia agar membatasi aktivitas buka puasa bersama dan melarang open house saat maupun pasca-Idul Fitri 2021. 

Terbitnya SE itu setelah mencermati bertambahnya kasus penularan Covid-19 yang terjadi pada beberapa momen. Yaitu, Idul Fitri 2020 yang lalu, dan pasca libur Natal-Tahun Baru 2020-2021.

"Kepala daerah perlu melakukan antisipasi pelaksanaan kegiatan selama Ramadan, dan menjelang, selama, maupun setelah Idul Fitri 2021," tegas mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ini.

 Berdasarkan SE itu, tegas Tito, aktivitas buka bersama tidak melebihi jumlah keluarga inti, plus lima orang. Tito pun menginstruksikan seluruh pejabat atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di berbagai daerah supaya tidak menggelar open house.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar