Tahun Depan, BMW Berbahan Bakar Hidrogen Hadir

tahun-depan-bmw-berbahan-bakar-hidrogen-hadir BMW i Hydrogen NEXT.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Sebenarnya, banyak sumber energi yang bisa menjadi bahan bakar kendaraan. Tidak hanya gasoline (bensin) atau bahan bakar fosil lainnya dan listrik, yang menjadi bahan bakar kendaraan, tetapi juga hidrogren.

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara mengabarkan, kendaraan berbahan bakar hidrogen menjadi opsi lain green car masa depan selain kendaraan listrik baterai. Adalah produsen otomotif Jerman, BMW AG, yang siap menghadirkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) berbahan bakar hidrogen.

Rencananya, BMW AG menghadirkan BMW i Hydrogen NEXT, produk SUV hidrogen itu pada tahun depan. Varian ini berdasarkan BMW X5 yang dilengkapi e-drive sel bahan bakar hidrogen yang hanya mengeluarkan uap air.

Di dalam drive train, sistem sel bahan bakar BMW i Hydrogen NEXT, secara terus menerus, terisi hidrogen dari tangki CFRP. Hasilnya, tenaga listrik hingga 125 kilo Watt (kW) bagi motor listrik yang terpasang pada poros belakang.

Motor listrik yang digunakan BMW i Hydrogen NEXT adalah 5th Generation e-drive yang sangat terintegrasi. Sistem drive train menghasilkan output total 275 kW atau setara 374 horse power.

Seperti halnya Electric Vehicle (EV), kendaraan hidrogen pun dilengkapi serangkaian penggerak eletrik. Bedanya, energinya bukan pada baterai bertegangan tinggi, melainkan memproduksinya secara langsung di dalam kendaraan yang bersumber pada hidrogen.

Ada beberapa keunggulan kendaraan berbasis hidrogan. Kendaraan ini bisa untuk keperluan mobilitas jarak jauh. Kemudian, kendaraan ini lebih fleksibel, dan tidak harus punya akses pada infrastruktur pengisian daya listrik.

Hanya butuh waktu beberapa menit untuk re-charge, seperti halnya bahan bakar konvensional. 


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar