Mulai Tahun Ini, Siaran Analog Terhenti Secara Bertahap

mulai-tahun-ini-siaran-analog-terhenti-secara-bertahap Mulai tahun ini, siaran TV analog berhenti secara bertahap.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Demi menghasilkan sebuah penayangan dan penyiaran yang lebih maksimal, pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberlakukan sistem penylaran televisi digital.

Ini berarti pada masa mendatang, masyarakat tidak lagi menikmati siaran televisi secara analog. Hal itu mengacu pada proses Analog Switch Off   (ASO). Targetnya, ASO tuntas 2 November 2022.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, ASO terdiri atas lima tahap berdasarkan wilayah. Targetnya, ASO tuntas 2 November 2022 pukul 24.00," tulis Kemenkominfo melalui keterangan resminya, Minggu (6/6/2021).

Kemenkominfo menyatakan, tahap penghentian siaran televisi analog berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo (Permenkominfo) Nomor 6/2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

Kominfo melihat ada empat faktor yang mendasari kebijakan tersebut. Yaitu praktik umum yang terjadi di dunia, masukan lembaga penyiaran, pertimbangan kesiapan industri, dan keterbatasan spektrum frekuensi radio.

Berdasarkan aturan itu ASO tahap I tuntas 17 Agustus 2021 mencakup wilayah siaran Aceh 1, Kepulauan Riau 1, Banten 1, Kalimantan Timur 1, Kalimantan Utara 1, dan Kalimantan Utara 3.

Lalu, ASO tahap II tuntas 31 Desember 2021. Tahap ini mencakup 20 wilayah. Yaitu, Jabar 4 Jabar 7, Aceh 2, Aceh 4, Riau 4, Jatim 5, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) 3.

Berikutnya, ASO Tahap III pada 31 Maret 2022. Selanjutnya, ASO Tahap IV maksimal pada 17 Agustus 2022. Sedangkan ASO Tahap V tuntas 2 November 2022.

Kemenkominfo menyatakan, penghentian siaran analog di suatu daerah harus serentak oleh seluruh stasiun televisi di daerah itu. Hal tersebut demi memudahkan masyarakat, yang cukup menyaksikan siaran televisi melalui satu jenis receiver.

Untuk menonton siaran televisi digital, perlu perangkat televisi yang bisa menerima siaran digital. Jika menggunakan televisi biasa atau analog, masyarakat bisa memasang set top box (STB) DVBT2 terdapat pada pasaran.

Setelah migrasi siaran televisi analog pada digital, setelah November 2022, tidak ada lagi siaran televisi analog. Jadi, perangkat televisi analog sudah tidak bisa menerima siaran televisi jika tidak menggunakan STB.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar