Cruise Uji Coba Kendaraan Tanpa Pengemudi Untuk Transportasi Publik

cruise-uji-coba-kendaraan-tanpa-pengemudi-untuk-transportasi-publik Kendaraan self driving dari Cruise.. (antara)

PINDAINEWS--Komisi Utilitas Publik California, Amerika Serikat (CPUC) telah memberi izin kepada Cruise sebagai peserta pertama dalam program percontohan untuk kendaraan tanpa pengemudi (self driving).

Wewenang dari CPUC itu kini telah melangkah secara penuh kepada perusahaan milik General Motors (GM) tersebut untuk menyediakan layanan penumpang tanpa pengemudi kepada publik dalam robotaxis-nya.

Untuk menjalankan uji coba, Cruise tidak boleh membebankan biaya kepada penumpang untuk perjalanan.

Perusahaan pun harus menyerahkan laporan triwulanan kepada CPUC tentang operasi kendaraan.

Dikutip dari The Verge, seperti dilansir LKBN Antara Senin (7/6/2021), Cruise telah menguji kendaraan tanpa pengemudinya di San Francisco.

Bulan lalu mereka telah mengajukan izin yang memungkinkan perusahaan akan mengenakan biaya untuk perjalanan dan pengiriman otonom di daerah tersebut.

GM telah meluncurkan Cruise pada tahun lalu, mobil yang tidak memiliki peralatan untuk mengemudi ini akan memulai produksi di pabrik GM Detroit-Hamtramck mulai awal 2023.

Saat ini, sebagian besar kendaraan uji tanpa pengemudi Cruise adalah Chevrolet Bolt EVs.

Selain Cruise, terdapat tujuh perusahaan lain termasuk Google spin-off Waymo, Zoox, yang dimiliki oleh Amazon, dan Aurora, yang akan mengantongi izin dari CPUC untuk menguji kendaraan tanpa pengemudi di jalan di California, tetapi hanya Cruise yang diizinkan untuk memberikan tumpangan kepada penumpang tanpa pengemudi.

Di California, perusahaan memerlukan izin dari CPUC dan Departemen Kendaraan Bermotor negara bagian untuk menguji kendaraan tanpa pengemudi sampai akhirnya akan membawa kendaraan di jalan dengan penumpang.

Sebanyak 55 perusahaan memiliki izin aktif dari DMV untuk menguji kendaraan tanpa pengemudi di California, termasuk Cruise, tetapi sejauh ini Nuro adalah satu-satunya perusahaan yang menerima izin penyebaran dari DMV yang memungkinkannya untuk mengoperasikan kendaraan otonomnya di California secara komersial.

Namun izin penyebaran itu tidak memungkinkan Nuro untuk mengangkut penumpang.

Kendati demikian, izin penyebaran itu masih belum membolehkan untuk Nuro membawa penumpang di dalam kendaraan otonomnya.

Editor: Haris Pam

Komentar